Kamis, 02 Juni 2016

SOSIALISASI PENANGGULANGAN SAMPAH



POLRES MAJALENGKA - Pada hari Rabu tanggal 1 Juni 2016 mulai jam 14.00 Wib, dilaksanakan giat Sosialisasi Penanggulangan Sampah.

Giat tersebut di hadiri Kepala BPLH oleh Sdr. Hj. Adang Haedar, Kasubid Pengelola Persampahan oleh Sdr. Endoy Hidayat, Kabid Pelestarian Sdr. Mahmud, Bhabinkamtibmas Polsek Panyingkiran, Unsur MUSPIKA Kec. Panyingkiran, Tokoh masyarakat bertempat di Blok Bonang Rw.002 Desa Bonang Kecamatan Panyingkiran, 30 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya Kepala BPLH oleh Sdr. Hj. Adang Haedar menyampaikan sampah telah menjadi permasalahan nasional sehingga pengelolaannya perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu sampai kehilir agar memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan. Setiap rumah tangga perlu ikut berperan dalam menangani sampah, jika dilakukan bersama dengan segenap masyarakat .

Dilanjutkan Kabid Pelestarian Sdr. Mahmud, semakin bertambahnya jumlah penduduk yang disertai dengan aktivitas dan pola konsumsi masyarakat yang semakin beragam memberikan kontribusi terhadap peningkatan volume sampah yang beragam pula, baik dari segi jenis dan sifat sampah tersebut. Disamping itu pula tidak kalah pentingnya yang perlu kita waspadai kedepannya adalah masalah dampak yang ditimbulkan oleh sampah terhadap lingkungan apabila tidak mendapat perhatian dan penanganan yang memadai. Maka cara pandang terhadap pengelolaan sampah perlu dirubah melalui suatu pendekatan bahwa sampah bukan semata – mata sebagai barang sisa yang tidak berguna, namun sampah merupakan sumber daya yang bermanfaat nilai ekonomi misalnya untuk energy, kompos, pupuk ataupun untuk bahan baku industry yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Tujuan dan sasaran kegiatan meningkatkan kebersihan lingkungan, meningkatkan budaya prilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan masyarakat,peningkatan pengelolaan sampah berbasis rumah tangga,pemanfaatan sampah sebagai sumber daya bernilai ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar