Kamis, 21 Januari 2016

WARGA LOJIKOBONG DESAK PERUSAHAAN BERI KONTRIBUSI KE DESA




POLRES MAJALENGKA – Pada hari kamis 21 januari 2016, Warga Desa Lojikobong, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka datangi perusahaan garmen PT Bintang Baru Sukses, perusahaan pembuat kaus, menuntut pihak perusahaan untuk memberikan kontribusi berupa uang sebagai adat desa serta meminta agar limbah kain yang sudah tidak dipergunakan diberikan kepada masyarakat untuk dikelola menjadi kesejahteraan masyarakat.

Selain itu warga Lojikobong yang tuntutannya dituangkan dalam surat resmi dan ditujukan kepada pihak perusahaan serta ditandatangani ratusan masyarakat, minta agar bila ada pengembangan pembangunan pekerjanya berasal dari desa setempat, perusahaan juga diharapkan bisa memberikan dana CSR serta kendaraan kontainer yang melintas ke wilayahnya bisa memberikan kontribusi bagi karang taruna. Bila tuntutan tersebut tidak dipenuhi mereka mengancam untuk melakukan pengerahan masa lebih besar.

Perwakilan warga diterima pihak perusahaan dengan dipasilitasi oleh Kapolsek Sumberjaya AKP DEDI BUDIANA dengan menghadirkan Kuwu Desa Lojikobong Eman Suherman.

HRD PT Bintang Baru Sukses Obi Rahmat Hidayat saat menerima pendemo mengatakan kalau perusahaannya telah memenuhi sejumlah tuntutan warga begitu persuhaannya beroperasi di Lojikobong limbah kain yang masih bisa dimanfaatkan telah diserahkan ke desa untuk kesejahteraan masyarakat setempat.

Sedangkan soal pekerja, selama memenuhi pesyaratan dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, pekerja bisa diakomodir. “Limbah kain sudah diserahkan ke desa melalui Kuwu, bila dinilai dengan uang limbah tersebut seharga Rp 60.000.000.” ungkap Obi.

Sementara itu Kapolsek Sumberjaya AKP DEDI BUDIANA meminta Kuwu Desa Lojokobong agar bersikap transparan terhadap masyarakatnya agar tidak menimbulkan persoalan antara masyarakat dengan perusahaan. Selain itu Kapolsek Sumberjaya menyarankan selama tuntutan masyarakat masih dalam batas yang wajar agar dipenuhi perusahaan.

“Saya tidak pernah menemui pihak manajemen perusahaan, namun saya tetap berupaya mengamankan situasi agar perusahaan bisa aman menjalankan usahanya. Dan Kuwu tolong bersikap transparan dengan masyarakat sendiri agar tidak memunculkan konflik di lingkungan masyarakat dan perusahaan, karena perusahaan juga ingin aman menjalankan usahanya, “ ungkap Kapolsek Sumberjaya AKP DEDI BUDIANA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar