Rabu, 03 Agustus 2016

BERBURU KATAK DAPATNYA ULAR SANCA


POLRES MAJALENGKA - Niatnya mencari katak, Samsu (46), warga Desa Mirat, Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, justru mendapat seekor ular sanca kembang. Kejadian itu pun menggegerkan warga.

Panjang ular sekitar 3 meter dan berat sekitar 10 kilogram. Saat menangkap ular, Samsu tidak sendirian. Melainkan bersama rekan-rekannya yang juga berburu katak di bukit Sanghyangdora.

Lokasi itu hanya beberapa meter dari objek wisata Cadas Gantung. “Ular ini kami tangkap karena akan turun ke permukiman warga dari atas bukit Sanghyangdora. Kami bersama warga sekitar menangkapnya Senin (1/8) sekitar pukul 00.00,” kata Samsu.

Samsu pun menceritakan awal mula ular sanca ditangkap. Saat itu bersama rekan-rekannya hendak berburu katak.

Saat dirinya berada di warung tiba-tiba rekan-rekannya memberitahukan ada ular turun ke permukiman. Dia langsung bergegas ke lokasi dan langsung menangkapnya.

“Teman-teman memberitahu saya dan saya langsung ke lokasi. Kemudian menangkap ular itu dibungkus pakai sarung dan dimasukan ke dalam kardus,” tuturnya.

Menurut Samsu, penangkapan ular jenis Sanca kembang ini merupakan yang kedua kalinya. Namun, ukuran ular yang pertama lebih besar dari yang ditangkap saat ini.

Rencananya ular tersebut tidak akan dijual ke pengepul maupun warga lainnya. “Ular ini sementara akan dipelihara. Karena kalau dijual itu kasihan dan harganya juga sangat murah,” terangnya.

Sementara itu, Kapolsek Leuwimunding AKP SUKANTO mengimbau warga untuk tidak menyakiti apalagi sampai membunuh ular tersebut. Pasalnya habitat ular di kawasan kaki bukit kian punah.


“Kalau tidak berbahaya dan memangsa hewan ternak lainnya lebih baik jangan dibunuh. Mungkin ular itu mau turun ke bawah karena ketersediaan makanan sudah berkurang,” ujar AKP SUKANTO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar